Kiwi
August 17, 2017
Senja di Castle Point
September 19, 2017
Show all

Duka Rohinngya dan Kepedulian Kita

“Saya melihat sendiri kakak (perempuan) saya, ditembak oleh tentara di depan saya” Cerita seorang rekan kerja yang mengaku berasal dari Rohingya.

“Mereka (Tentara) mencari Ayah saya, ayah saya sudah pergi, kakak saya berusaha lari. Sebab itu dia kena peluru” lanjutnya. New Zealand adalah salah satu negara yang banyak memberika suaka kepada banyak pengungsi dari seluruh dunia.

Sebagai seorang muslim, kami diajarkan untuk melawan segala bentuk kemungkaran dan penindasan dengan tangan, lisan atau minimal dengan hati. Dengan hati itu selemah-lemahnya keimanan kata Nabi. Jika ada sekelompok orang yang mengaku muslim, namun tidak sedikitpun tergerak hatinya ketika melihat kemungkaran, maka tanyakanlah kepada mereka masih adakah keimanan dalam hati kalian?

Jumat – 1 September 2017,  kami dibelahan bumi selatan melakukan sholat hajat bersama selepas shalat jumat, meminta kepada Allah agar Ia berikan keringanan dan kemudahan bagi saudara-saudara kami di Rohingya. Keesokan harinya – kami melaksanakan shalat Idul Adha pada hari sabtu, untaian doa kami pintakan pada Zat yang Maha Mengabulkan agar Ia berikan pertolongan pada saudara kami disana.

“Di Sana” seorang teman dari Rohingya bercerita ketika kami dalam perjalanan pulang selepas bekerja “kami beribadah selalu di persulit.”

“Jumat tak dapat lagi kami sholat, masjid semua ditutup” tuturnya lagi dengan logat melayu yang dipelajarinya ketika berada di Malaysia.

‘’are your family there?” tanya seorang pelajar dari timor-timor

’ya, but now, only my grand father and my grand mother in Myanmar” jawabnya dengan bahasa inggris yang masih terbata namun cukup jelas.

 

Jumat 8 September 2017, beberapa kotak nasi dijual sebagai fundrising dalam rangka aksi nyata membantu saudara-saudara muslim di rohingya. Penjualan dilakukan selepas shalat jumat di dua masjid yang ada di Palmerston North. Fundraising seperti ini di inisiasi oleh saudara-saudara muslim Rohingya yang berkesempatan tinggal di kota ini.

Tidak banyak yang dapat mereka kumpulkan dari fundraising siang itu, namun cukup untuk membuktikan kesatuan kita sebagai sebuah umat yang kata nabi ibarat satu tubuh. Jika sebagian tersakiti, maka yang lain ikut merasakannya.

FIANZ sebagai Organisasi Nasional Muslim di NZ pun telah membuat pernyataan sikap dan dukungan terhadap saudara-saudara muslim di sana. Kami muslim New Zealand, berdiri bersama seluruh muslim di berbagai belahan dunia untuk terus memberikan dukungan terhadap kepada Dunia Islam dalam melawan segala bentuk kedzaliman dan kemungkaran.

Mengutip pernyataan seorang politikus dalam sebuah Aksi unjuk rasa di jakarta beberapa waktu Lalu. Kita umat islam berkewajiban memastikan mereka (Etnis Rohingya), kembali ke tanah mereka (Rakhine State) – Mardani Ali Sera. Aku Yakin, Umat Islam yang dimaksud bukanlah sebatas bangsa indonesia, tapi segenap kaum Muslimin di seluruh dunia.

Palmy 17/09/17
Ahmad Yasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *