Cahaya di Wajah Maori
July 28, 2017
Kiwi
August 17, 2017
Show all

Pertanyaan tentang Beasiswa NZAID

Pertanyaan tentang Besaiswa NZAID

Kemarin, ada salah satu follower di IG saya (@harumiaini) yang DM dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait beasiswa NZAID. Nah, mungkin ada teman-teman yang juga tertarik dengan beasiswa ini, saya coba share pertanyaan dan jawabannya disini ya. Semoga bermanfaat 🙂

 

1. Mba ngajuin beasiswanya ke NZAID ya? Itu full semua ya dibiayain termasuk biaya hidup dan keluarga? Rata2 biaya sewa tempat tinggal disana brapa ya?

Iya Alhamdulillah saya dapat beasiswa NZAID, tepatnya beasiswa NZ Asean Scholarship (NZAS) dari pemerintah NZ. Saya sedang belajar Master of AgriCommerce di Massey University, Palmerston North. Seleksi beasiswa NZAID ini biasanya dibuka setahun sekali pada bulan Februari-Maret. Silahkan cek langsung ke web nya DISINI.

Yang ditanggung adalah biaya kuliah, tiket PP dan biaya hidup penerima beasiswa saja, sayangnya keluarga tidak dapat allowance. Beasiswa yang diberikan saat ini (tahun 2017) yaitu NZ$ 480/week dibayarkan setiap 2 minggu. Di awal kedatangan, setiap student diberikan NZ$ 3000 sebagai allowance awal. Karena biasanya jika ingin sewa rumah, di awal dibutuhkan deposit sekitar 3-4 kali biaya sewa rumah mingguan. Iya, disini biaya sewa dihitung mingguan bukan bulanan. Komponen biaya paling mahal adalah untuk tempat tinggal. Di kota saya, Palmerston North (Palmy), biayanya untuk sewa rumah dengan 2 kamar rata-rata NZ$ 200-250/week. Ini untuk rumah unfurnished. Rumah furnished bisa lebih mahal. Untuk sewa 1 kamar bisa lebih murah sekitar NZ$ 140-200/week. Di kota besar seperti Auckland atau Wellington biaya sewa rumah lebih mahal lagi.

Pengeluaran rutin yaitu biaya listrik kalau summer sekitar NZ$ < 100, kalau winter bisa sekitar NZ$150-200 per bulan. Biaya internet unlimited sekitar NZ$ 70-80/month. Biaya pulsa dan paket internet untuk HP sekitar NZ$ 20/month. Biaya belanja makanan dan groceries berdasarkan pengalaman saya sekitar NZ$ 60-80/week. Biaya transportasi umum cukup mahal yaitu NZ$ 2.50 per perjalanan. Kalau di Palmy, kebetulan semua student bisa menggunakan fasilitas bis di dalam kota dengan gratis menggunakan student card. Sayangnya, jadwal kendaraan umum di sini sangat terbatas. Jadi, kebanyakan student apalagi yang membawa keluarga biasanya membeli mobil second sebagai sarana transportasi selama disini. Harga mobil second disini sangat terjangkau, sekitar NZ$ 1500 – 3500 sudah bisa mendapatkan mobil yang layak pakai. Mobil second bisa dicari di forum jual beli kampus , FJB kota Palmy di Facebook, atau di forum online trademe.

Sebetulnya, allowance yang diberikan NZAID untuk small family terdiri dari 3 orang menurut saya cukup untuk biaya hidup sekeluarga disini, tapi pas-pasan. Nah beruntungnya, partner dari NZAID student bisa dengan mudah mendaftar working visa. Sehingga bisa mencari full-time atau part-time work di NZ untuk menambah pemasukan keluarga saat di NZ. Minimum rate gaji di NZ sekitar NZ$ 15/hour. Tidak terlalu sulit mencari pekerjaan di sini, asalkan punya kemampuan berbahasa Inggris. Blue-collared job lebih banyak tersedia dan lebih mudah didapat dibanding white-collared job.

 

2. Susah ngga  dapet beasiswa dr NZAID? Ada quotanya ngga mba? Waktu batch mba ume ada brapa orang yg keterima dan dari brapa pendaftar? Brati mba ume daftar dari 2015 dong ya baru brangkat tahun ini? Apa sebelumnya mba daftar beasiswa lain atau emang dari awal NZAID aja?

Saya lupa persisnya berapa yang daftar dan berapa yang lolos pas angkatan saya hhe. karena emang ga dijabarkan detilnya oleh penyelenggara beasiswa. Namun, NZAID ini termasuk salah satu beasiswa favorit juga seperti Australia Award Scholarship (AAS). Jumlah yang diterima setiap tahun beda-beda, kalau nggak salah biasanya sekitar 20-30 orang.

Saya daftar beasiswa April 2015, wawancara bulan Juni 2015, pengumuman lolos NZAID September 2015, Pre-departure briefing Desember 2015. Seharusnya saya sudah mulai kuliah Februari 2016, tapi karena bulan Januari saya baru melahirkan, jadi kuliahnya ditunda selama 1 tahun. jadi saya baru masuk kuliah Februari 2017.

Saya sebelumnya pengen kuliah di Belanda, udah dapet LOA dari Wageningen University tapi belum dapet beasiswanya. Saya udah berkali-kali daftar beasiswa lain. Saya 2 kali daftar LPDP, udah sampe tahap wawancara & FGD tapi belum lolos. Daftar juga beasiswa Erasmus 2 kali tapi belum lolos. Saya daftar juga AAS, udah lolos berkas dipanggil untuk wawancara tapi keburu keterima NZAID jd ga dilanjutkan seleksinya. Takdirnya dan rezekinya dari Allah emang ternyata kuliah di NZ hhe Alhamdulillah 🙂

 

3. Massey univ itu negri atau swasta ya mba? Klo NZAID itu bisa ajuin untuk univ swasta atau hanya negri doang ya mba?

Massey univ itu negeri. Hanya ada 10 universitas yang dapat dipilih penerima NZAID, list univ nya bisa dilihat

DI SINI.

 

4. Kalau misalnya saya ngajuin dan diterima (amiiin!! )  nanti saya kan urus visa student, nanti suami ngajuin visa apa ya? Biar bisa cari kerja part or full time?

Aamiin.. 🙂 kayak yang tadi saya bilang, suami/istri bisa mengajukan working visa. Kalau anak bisa apply visitor visa, anak usia sekolah apply student visa. Persyaratannya dapat dilihat DI SINI.

Mudah banget kok dapetin visanya, asal medical check-up nya lolos. Medical check up dapat dilakukan di beberapa rumah sakit rujukan NZ embassy. Waktu itu saya di RS Premier Jatinegara. Biaya untuk medical check up akan diganti, tapi tidak untuk anggota keluarga yang lain, harus dengan biaya sendiri.

Mengajukan visa baiknya bareng sekeluarga saat daftar visa student kita. Persyaratannya untuk daftar working visa, harus menunjukkan proof of fund / bukti dana sebesar NZ$ 4.200. Ini cukup dengan copy buku tabungan atau rekening koran di bank apa saja. Dana ini tidak perlu utuh terus saat kita di NZ, hanya perlu dilampirkan dalam aplikasi saat daftar visa saja.

Student NZAID daftar langsung ke embassy, bukan ke pusat pengurusan visa untuk umum yang memiliki lokasi terpisah.

Lokasi NEW ZEALAND EMBASSY

(Untuk Pendaftaran Visa Student NZAID)

Sentral Senayan 2 ,10th Floor

Jl Asia Afrika No 8, Gelora Bung Karno
Jakarta Pusat 10270
PO Box 2439
Jakarta 10024, Indonesia

TELEPHONE (+62) 21 2995 5800

www.nzembassy.com/indonesia

Lokasi NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE

(Untuk Pendaftaran Visa Umum)
Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19
Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18
Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia

 

5. Saya kan pernah bekerja, dan resign setelah punya anak sementara jadi ibu rumah tangga apakah memungkinkan mendaftar beasiswa ya mba? Tapi posisinya saya ngga aktif di organisasi apa2.

Sepertinya tidak apa-apa kalau saat ini tidak sedang dalam posisi bekerja. Namun di aplikasinya tetap menekankan pengalaman bekerja sebelumnya, apa rencana setelah lulus kuliah, bagaimana relevansinya untuk pengembangan karir dan tentunya pengembangan Indonesia. Karena NZAID ini kan development scholarship ya, jadi fokus utamanya mencari orang yang memang akan mengaplikasikan ilmu yg di dapat untuk pembangunan di Indonesia dalam beberapa bidang studi prioritas yaitu bisa dilihat DI SINI.

Penerima beasiswa yang dicari adalah yang memiliki hal2 berikut ini, selengkapnya bisa dilihat DI SINI.

Jadi bisa jelasin aja alasan resign karena emang fokus dulu ngurus anak, tapi rencana jangka panjang saya ke depan apa, apa kontribusi untuk pembangunan Indonesia yang mau dilakukan. Kalau bisa yang relevan juga dengan kuliah S1 atau bidang pekerjaan sebelumnya. Kalau ga relevan harus bisa memberikan justifikasi yang sesuai agar meyakinkan kenapa harus kita yg terpilih.

 

6. Kalo daftar beasiswa gitu kita daftar ke univnya dulu atau cari beasiswa dulu ya mba?

Kalau NZAID, tidak perlu daftar univ dulu. Saat mengisi form aplikasi, cukup pilih saja univ dan jurusan yang kita inginkan. Jika sudah lolos beasiswa NZAID, maka akan dibantu pendaftaran ke kampusnya oleh pihak beasiswa.

Kalau beasiswa lain, ada yang sudah harus mendaftarkan diri dan menerima Letter of Acceptance (LoA) dulu dari univ nya.

 

7. Saya sempet baca sedikit tapi lupa sumbernya. kita harus bersedia balik ke indo maksimal setelah 2 tahun masa beasiswa. Brati kita boleh cari kerja dulu disana maksimal 2 tahun ya setelah lulus?

Bukan, maksudnya setelah kita lulus NZAID, kita harus segera pulang ke negara asal. Tidak boleh kembali lagi ke NZ minimal dalam jangka 2 tahun. Jadi sebelum 2 tahun, ga bisa mengajukan visa untuk tinggal/berkunjung ke NZ. Kita diharapkan mengabdi di Indonesia dulu selama minimal 2 tahun.

 

8. Boleh di share dong mba tips and trick supaya keterima beasiswa kaya mba.

– Kita harus punya determinasi dan alasan kuat yang melatarbelakangi kita mencari beasiswa. Seringnya yg keterima NZAID ini PNS, karena bisa terlihat langsung kontribusi untuk bangsanya. Tapi ga menutup kemungkinan karyawan swasta atau dr NGO jg keterima. Saya sendiri jg bukan PNS.  Yang penting latar belakang pendidikan dan karir kita serta rencana jangka panjangnya jelas manfaatnya.

– Siapkan skill bahasa Inggris yang baik. Standar IELTS utk NZAID ini disesuaikan dengan standar minimum di jurusan dan universitas pilihan kita (beda2 tiap jurusan). Walaupun NZAID ini termasuk beasiswa yang baik banget loh. Jadi kalau sudah lolos NZAID tapi nilai IELTS kita belum mencukupi, maka akan diberikan pelatihan free selama 3-6 bulan di Surabaya untuk kita ningkatin kemampuan dan achieve target nilai IELTSnya. Tapi ga ada salahnya kalau kita udah berusaha sendiri achive nilai IELTS tersebut sebelum daftar NZAID. Kayak saya Alhamdulillah udah punya nilai IELTS yg sesuai, jadi ga perlu lagi pelatihan di Surabaya, bisa langsung didaftarkan ke universitas

– Siapkan semua syarat aplikasi se-detail mungkin dan sesuai persyaratan

– Confident dan meyakinkan saat wawancara

– Pelajari tentang NZ, alasan memilih universitas tujuan, baca silabus perkuliahan jurusan yg kita tuju, kaitkan dengan rencana kita setelah lulus

apa lagi yaa.. yang pasti sih banyakin doa hehehe. Itu aja palingan, untuk lebih lanjutnya bisa baca2 langsung DI SINI.

Hope it helps, Goodluck for all of the scholarship hunters 🙂 Kalau ada lagi yang mau ditanyakan terkait beasiswa NZAID, feel free to drop a comment 🙂 Cheers!

warungqia.com

11 Comments

  1. Johnson says:

    Halo Mba Harumi. Saya rencana apply beasiswa NZAS tahun depan. Untuk usulan universitasnya berapa jumlah unviersitas yang dapat kita cantumkan? Terima kasih. Sukses selalu!

  2. asep ibrahim says:

    Assalamualaikum mbak. Ceritakan dong gmn pengalaman disana bwa keluarga…bagus lagi dr mulai keberangkatan sampai disana. Terima Kasih

  3. Dwi Lestari says:

    Hai mbak…. saya sedang apply beasiswa NZAS sekarang. untuk IELTS saya masih 6,0. Kira-kira masih bisa lolos gak mbak ? apa harus 6,5 atau lebih ? terimakasih.

  4. rrdw says:

    Assalamu alaikum wr.wb, mohon ijin mbak, saya mau nanya kl ujian on line assessment nzas seperti apa yah bentuk soalnya, makasih. Wassalam

    • Harumi Aini says:

      mohon maaf sekali baru balas. wah mohon maaf jaman saya ga ada ujian online nya, sepertinya peraturan baru ya.

  5. Fara says:

    Assalamualaikum. Mb, untuk apply beasiswa ini apa kita perlu menyiapkan essay sperti persyaratan LPDP?

    • Harumi Aini says:

      Waalaikumussalam nanti di formulir pendaftarannya ada pertanyaan yg harus dijawab. jadi lebih singkat tidak sepanjang essay lpdp..:)

  6. jelita says:

    tadi sempet baca, klo mau dapet beasiswa NZAID kan harus punya prestasi akademik sewaktu SMA, trus klo gak ada g mn dong mbak, soalnya saya bukan dari SMA tapi dari pondok

    • adminkeluarga says:

      beasiswa nzaid di indonesia utk melanjutkan kuliah S1 belum ada. Adanya utk pascasarjana s2 dan s3. jadi yg lebih dilihat prestasi saat kuliah s1 atau bidang kerjanya sesuai atau engga dengan kebutuhan NZAID

  7. entop says:

    numpang tanya kak.
    konfigurasinya seperti inikah:
    istri visa nzaid,
    suami visa working partner nzaid (nz$4200 aman sudah),
    anak dependent student visa(nz$15000 ini ngakalinya gmn?) duit gedhe bgt.
    Funds or sponsorship
    If you’re a student or work visa holder, you must have enough money to support your child while they’re in New Zealand
    Evidence can include:

    proof that you have, for each child, NZ $15,000 for a full year of study or NZ $1,250 per month that the child will be in New Zealand
    copies of evidence that the child’s living costs have already been paid
    a ‘Sponsorship Form for Temporary Entry’ completed by an acceptable sponsor
    a completed ‘Financial Undertaking for a Student’ form.
    If you are sponsored, your sponsor must provide evidence they can look after you in New Zealand. Evidence can include:

    recent bank statements
    pay slips
    employment agreement
    accommodation ownership or payment of rent

    • adminkeluarga says:

      untuk penerima beasiswa nzaid, kalau ada partner ikut dan daftar working visa, untuk anaknya ga perlu lagi siapin uang $15,000 itu di awal. karena diasumsikan suaminya selama di NZ akan kerja jadi bisa membiayai anaknya tsb. begitu kira2.. nah utk employment agreement itu ga perlu kok, payment of rent jg ga perlu. itu buat yg umum yg non nzaid sepertinya, kalo yg nzaid lebih memudahkan krn sdh dianggap dijamin oleh pihak NZAID nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *