Mengukir Sejarah Baitul Maqdis
July 25, 2017
Pertanyaan tentang Beasiswa NZAID
August 7, 2017
Show all

Cahaya di Wajah Maori


Muslim Travelers – Kehidupan Keluarga Muslim Maori’. Sumber: Youtube Channel ‘Official Net News’

Perawakannya sedikit tinggi, tubuhnya besar, warna kulit kecoklatan, begitulah kurang lebih sekilas pandangan tentang orang orang Maori, penduduk asli Selandia Baru. Saat pertama kali kami datang ke New Zealand, Flat kami di Chelwood Street bertetangga dengan mereka sebelum digantikan dengan tetangga baru kami saat ini.

Beberapa kali kami melihat berbagai pertunjukan kebudayaan Maori, baik secara langsung maupun melalui siaran televisi. Etnis Maori memiliki tempat yang baik di negeri ini setelah munculnya Gerakan kebangkitan budaya Maori yang di mulai tahun 1960an. Sebelum ini, kelompok Maori hampir-hampir tidak memiliki tempat di Negerinya sendiri akibat dominasi kelompok Eropa.

Pada masa kebangkitan ini kelompok Maori mulai berusaha merebut kembali haknya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat Selandia Baru. Uniknya, pada periode kebangkitan inilah FIANZ berdiri (1979) sebagai representative muslim di New Zealand.

Seolah menemukan momentum yang tepat, Islam diterima dengan baik diantara kelompok Maori. Meski tidak berkaitan secara langsung namun kita bisa melihat beberapa tahun setelah itu terjadi pertumbuhan Agama Islam yang signifikan diantara penduduk Maori.

Kedatangan Islam ke Selandia Baru dimulai pada akhir abad ke 19. Meski demikian eksistensinya baru terlihat secara nasional satu abad setelahnya ditandai dengan berdirinya FIANZ di penghujung abad ke 20 yang menjadi payung nasional muslim New Zealand. Sebelum itu perkumpulan-perkumpulan muslim hanya memiliki organisasi terbatas dalam skala daerah. (baca: Melihat Islam di New Zealand)

Sensus yang dilakukan pada tahun 2001 menyebut ada lebih dari 700 orang Maori yang beragama Islam. Jumlah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding sepuluh tahun sebelumnya yang tidak mencapai 100 orang. Atas dasar inilah sebuah publikasi berjudul ‘Islam and Indigenous Populations in Australia and NewZealand’ menempatkan Islam sebagai Agama yang diprediksi mengalami pertumbuhan tertinggi di kalangan Maori. Hal itu tentu saja menjadi berita baik bagi kaum muslimin di Negeri ini. Tingginya pertumbuhan itu menunjukan baiknya penerimaan Islam di tengah masyarakat New Zealand.

Spirit kebangkitan Maori awalnya adalah spirit untuk medapatkan keadilan sosial. Spirit  itu terus dipertahankan setelahnya untuk meningkatkan daya saing ditengah dominasi bangsa Eropa. Spirit ini kemudian bertemu dengan nilai keadilan dan nilai perjuangan yang sangat kuat dalam sejarah kelahiran Agama Islam. Seperti itulah Kurang lebih pandangan yang dilontarkan oleh kelompok Islam Maori tentang fenomena ini.

Jumlah Muslim diatara kelompok Maori sebenarnya sangat kecil. Sebagian besar mereka memilih untuk tidak beragama. Namun kehadiran islam memberikan warna baru di tengah-tengah komunitas ini. Jumlah yang sedikit itu nyatanya terus bertambah dari waktu ke waktu. Peningkatan itu menunjukkan pengaruh muslim yang kuat di tengah-tengah kelompok Maori.

Kini jumlah mereka sudah diatas seribu orang, dan akan terus bertambah jika Allah mengizinkan. Tidak mustahil jika Cahaya Islam suatu saat nanti berpendar dari wajah-wajah Maori. Tidak mustahil juga jika suatu saat nanti ada tokoh Muslim dari Maori yang mengambil peran besar dalam sejarah Umat Islam. Wallahua’lam

Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah Thagut”, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan… (Qs An Nahl: 36)

Ahmad Yasin
PN, 28 Juli 2017

 

Bahan Bacaan:

https://en.wikipedia.org/wiki/M%C4%81ori_Muslims
https://en.wikipedia.org/wiki/Islam_in_New_Zealand
Onnudottir, Helena; Possamai, Adam; Turner, Bryan (2012). “Islam and Indigenous Populations in Australia and New Zealand”. Muslims in the West and the Challenges of Belonging: 60–86. Retrieved 10 March 2017(http://www.academia.edu/20725187/Islam_and_Indigenous_Populations_in_Australia_and_New_Zealand)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.