Kebutuhan Air Putih Bayi MPASI
July 14, 2017
Kata Psikolog, Jangan Biasakan Anak Makan Sambil Bermain
July 14, 2017
Show all

Sembelit pada Bayi MPASI

Alhamdulillah sjk mulai MPASI, babyQ pupnya lancar biasanya setiap hari. Hanya terkadang sj bs 2 hari sekali, biasanya saat sdg bepergian atau konsumsi makanan tertentu. Sembelit biasanya memberikan rasa tdk nyaman pd bayi dn kekhawatiran bagi para ibu. Jk bayi sembelit, perlu dievaluasi pola dan menu makan sebelumnya agar diketahui jenis makanan apa yg dpt membuat sembelit (beda2 pada setiap bayi). Nah ada metode yang bisa memperlancar BAB bayi yaitu:

  • ↪3F: fluid, fiber, fitness .
    🚩Fluid: berupa pemberian cairan seperti air putih. Tapi kalau bayi sdg sulit minum air putih bs jg diberikan kuah kaldu atau air dicampur sari buah

    🚩 Fiber: bisa didapatkan dari buah dan sayur. Asupan serat diperlukan, tp utk bayi dibawah 1 tahun asupan serat berlebihan malah bs menyebabkan sembelit. Jadi serat dikonsumsi dlm porsi yg secukupnya. Ada beberapa buah tertentu yang bisa digunakan untuk memperlancar BAB bayi, yaitu:
    🍐P fruits: pear (xiang li), peach, plum, prune, papaya.

Nah tapi untuk buah ini biasanya cocok2an. Ada jg yg makan pepaya malah bikin susah pup. Ada yg cocok makan buah dgn air banyak seperti melon,semangka,buah naga. Jd perlu dicari tau sendiri ya moms buah apa yg cocok dgn babynya. Kalau babyQ cocoknya sm buah naga

🚩Fitness, yaitu dengan pijat bayi. Pijat di bagian perut penting untuk melancarkan pencernaan. Pijatnya dengan membentuk huruk ILU terbalik pada perut bayi.
Lalu gowes, yaitu menggerakan kedua kaki bayi seperti menggenjot sepeda sementara bayi dalam posisi berbaring.
Selain metode 3f diatas, ada juga mommy yg mengatasi sulit BAB dengan:
– konsumsi yoghurt (ini paling ampuh utk babyQ)
-Berendem air anget biar badannya rileks

– Oles minyak adas di perut
– Angkat kaki ke arah perut saat bayi mengedan
– Gendong bayi dalam posisi berhadapan dan kakinya ditekuk jadi bayi duduk di tangan

Tips diatas mungkin tidak berhasil pada semua anak, kembali lagi pada kenyataan bahwa masing2 anak memang berbeda. Jika sembelit sudah parah, lebih baik hubungi dokter ya mommy.
Sumber:
http://mamakukokihandal.com
http://putrislog.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *