BabyQ Traveling Story 2: Tips traveling dengan pesawat
July 14, 2017
Kaldu MPASI
July 14, 2017
Show all

Pentingnya Protein pada MPASI

Pas BabyQ vaksin kemarin, ditanya sm dokternya, ini mpasi sudah dikasih protein kan Bu? Alhamdulillah sejak awal mpasi sdh dikasih protein nabati maupun hewanišŸ˜Š

Seperti pd foto diatas, bunda selalu berusaha menyiapkan sumber protein hewani yg bervariasi seperti ayam kampung, daging iga, ayam&daging giling, ikan tuna, ikan salmon, hati sapi, dll yg sudah disiapkan dlm plastik zip utk porsi sekali makan dn disimpan dlm freezer.

Selama ini mungkin masih ada ibu yg pada awal mpasi hanya menyajikan sayur, buah, serelia dan menunda selama beberapa bulan dlm pemberian protein. Padahal menurut aturan MPASI WHO, protein hewani kaya zat besi sudah harus diperkenalkan sejak usia 6 bulan.

Jika terlambat bisa fatal akibatnya. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi (ADB), yang juga mengakibatkan gangguan aktivitas dan perkembangam sosial.

Penambahan sumber protein hewani kaya heme iron ini tidak perlu dalam jumlah banyak, karena fungsinya sebagai pelengkap non-heme iron yang ada di bahan sayur-mayur.
Heme iron dalam protein hewani akan diserap dengan mudah serta tidak bergantung pada keberadaan enhancer. Jadi, sayur-mayur dan protein hewani akan saling melengkapi supaya kebutuhan zat besi bayi yang begitu tinggi ini bisa tercukupi.

Ginjal dan fungsi liver pada bayi umur 6 bulan sudah berkembang dengan baik, sehingga bukan menjadi alasan untuk menunda pemberian daging! Hanya jika ada riwayat alergi dalam keluarga, dapat diwaspadai beberapa sumber protein yg dpt memicu alergi tsb.

Sumber:http://duniasehat.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *