Pemberian Gula dan Garam pada MPASI
July 14, 2017
EVOO vs ELOO pada MPASI
July 14, 2017
Show all

Penanganan Batuk Pilek pada Anak

Kemarin di grup WA ibu2 lg sharing kalau musim batpil kyk gini penangan apa yg bs dilakuin di rumah.

Kalau batpil biasa, ga perlu buru2 ke dokter dulu. Bayi batpil itu biasanya semingguan-2 mingguan. Kalau ga terlihat membaik, parah bgt bikin gabisa makan n bobo bs ke DSA yg trusted dan RUM (rational use of medicine) jd ga sembarangan kasih obat, apalagi lngsung kasih antibiotik. Krn kalau batpil biasa itu virus, tdk butuh antibiotik. Kecuali sakitnya krn bakteri dn ada indikasi medis khusus yg butuh antibiotik. Kalau udah sampai sesak nafas biasanya di nebu (di uap) atas rekomendasi DSA (alternatif terakhir).

 

👶Penanganan bayi batpil
✔Oles minyak butbut atau telon di seluruh badan sekalian pijat termasuk wajah tengkuk dekat hidung, batang hidung, di leher belakang
✔balur badan dengan bawang merah parut yg dicampur minyak VCO (virgin coconut oil)
✔parut kencur atau pala taruh diubun2
✔dipojok rumah taruh baskom berisi air panas + 7 tetes minyak kayu putih
✔dipojok kamar taruh irisan bawang merah utk mematikan virus2 di udara
✔gempur ASI
✔jemur saat matahari pagi
✔bisa pakai balsem bayi transpulmin utk melegakan
✔ untuk mengencerkan ingus bs pakai breathy nasal drop (larutan NaCl)
✔jauhkan kontak dgn orang dewasa/anggota keluarga yg jg batpil agar virus tdk ping-pong, selalu pakai masker dekat bayi
✔dikasih minum perasan kunyit atau di iris campur dlm kuah makanannya (>6 mo)
✔minum perasan kencur dan jahe (>6 mo)
✔minum rebusan daun saga utk meredakan batuk (>6 mo)
✔tingkatkan asupan vit.C yg tinggi (buah jeruk,jambu merah, dll) (>6 mo)
✔tingkatkan imunitas dgn memberikan sari kurma atau procumin propolis atau madu (>1 year)
✔konsumsi sup selesma
(Recipe by Makjo from @ceritablw)
1bh dada ayam
Daun salam 1 lbr
2 siung bawput geprek
1bh daun bawang potong besar2
1tangkai seledri diikat
Masak kaldu sampai air menyusut, lalu disaring. Air kaldu yg sudah disaring di panaskan, lalu tambahkan jahe sekitar 2cm diiris tipis. Masak air kaldu+jahe sampai aroma jahe tercium dan air kaldu menyusut. 💕Semoga bermanfaat..
Get well soon and be healthy babies 😘
~by Bunda Qianna disarikan dr berbagai sumber~

#tipsbabyq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *