Pemberian Gula dan Garam pada MPASI

Kaldu MPASI
July 14, 2017
Penanganan Batuk Pilek pada Anak
July 14, 2017
Show all

Pemberian Gula dan Garam pada MPASI

Kemarin lg jalan pagi di kompleks rumah sambil nyari sarapan. Terus ketemu yg jual bubur bayi franchise itu loh. Bunda iseng nanya,
👩”Mbak ini buburnya rasa apa?
👧”beras, ayam, jagung, wortel Bu.”
👩”pake garam ga ini?”
👧 “Pake Bu tp sedikiit”
👩 “Yaah pake ya..”
👧”iya bu, garam ga selamanya jelek kok bu kan cmn sedikit biar ada rasanya dan sebagai pengawet alami jg kan Bu”

Haha malah bundanya yg diceramahin sm mbaknya 😂 akhirnya bunda beli krn penasaran. 1 cup kecil harganya 3rb. Pas dicobain, ealaaah asiiin bangett!!! BabyQ ga doyan baru diicip ujung lidah trus mingkem 😅

Sebetulnya perlu ga sih tambahan garam&gula pd makanan bayi di bawah umur 1 tahun? Dalam panduan MPASI WHO sebenarnya tidak ada larangan untuk penambahan gula dan garam.
Namun dalam studi pd “Journal of Public Health 2011,” peneliti menemukan 63% produk makanan bayi mengandung natrium tinggi atau gula. Olahan makanan bayi sering mengandung garam untuk membantu meningkatkan rasa, tekstur dan umur penyimpanan.
Konsumsi teratur dan berkepanjangan bisa memiliki dampak merugikan pada masa depan kesehatan bayi. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tek.darah tinggi, yang memainkan peran dalam penyakit jantung. Terlalu banyak gula dapat membahayakan gigi bayi dan berkontribusi thdp perkembangan diabetes. Gula mengandung kalori, sehingga diet kaya gula juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Membatasi gula&garam seharusnya tidak sulit, tetapi kenyataannya makanan bayi instant membuatnya menjadi sulit. Sangat penting untuk membaca label makanan bayi dengan hati-hati sehingga membuat keputusan yang sehat.
Asupan garam harian bayi tidak boleh melebihi 370 miligram per hari, asupan gula seharusnya hanya sekitar 100 kalori setiap hari. Kebutuhan ini pada umumnya sdh dipenuhi oleh ASI/susu formula atau bahan makanan alami.

Kita mungkin merasa makanan hambar jika dimasak tanpa garam, tp bayi belum memperoleh preferensi untuk selera asin!
Dibandingkan menambahkan garam pada makanan bayi, coba tambahkan bumbu, rempah-rempah atau bawang putih sebagai gantinya. ‘Perasa alami’ ini jg menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Well, pemberian gula/garam pd masakan kembali lg kpd pilihan masing2 ibu. Let’s choose the best for our babies moms 😊 (Sumber: http://www.makananbayi-sehat.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.