Pentingnya Protein pada MPASI
July 14, 2017
Pemberian Gula dan Garam pada MPASI
July 14, 2017
Show all

Kaldu MPASI

Kaldu untuk Mpasi bisa memberi nilai gizi tersendiri pada makanan bayi dibandingkan dengan air biasa. Selain itu, dengan kaldu mommy bisa mengenalkan rasa gurih secara alami buat bayi.

Kaldu sendiri adalah sari dari tulang, daging atau sayuran yang direbus untuk mendapat sari dari bahan tersebut. Berbagai jenis bahan yang biasa digunakan untuk kaldu adalah ayam, sapi, ikan ataupun udang.
Dalam membuat kaldu saya biasa merebus daging/ayam dengan wortel,kentang, bw.bombay, bw.putih, salam, jahe, seledri, daun bawang. Kalau moms punya slow cooker, tinggal dimasukkan sj ke dalamnya tp berhubung sy blm punya, saya pakai panci biasa lalu dimasak dg api kecil selama 3-4 jam.

Kaldu yang sudah matang bisa mommy dinginkan terlebih dahulu, setelah itu saring lalu masukkan ke dalam wadah utk disimpan di freezer. Wadah disini bisa pakai tray es batu, baby ice cube, botol asip, plastik asip atau kalau sy sendiri pakai plastik zip.

Kaldu itu sendiri katanya bisa tahan 3 bulan kalau di freezer dan tahan 1 minggu di kulkas bawah. Namun tetap saja, kita harus rajin-rajin periksa kondisi kaldu. Jika terjadi perubahan warna dan aroma, mendingan kaldu dibuang saja, daripada anak jadi diare, gawat.

Ketika hendak dimasak, kaldu yang sudah beku sebaiknya dicairkan terlebih dahulu.
penambahan kaldu pada masakan lebih baik pada tahap akhir, menjelang makanan matang agar kandungan gizinya tidak berkurang.
Sumber: http://www.makananbayi-sehat.com .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *