Gluten Free Flour (GFF) pada MPASI

Mencegah Anemia Defisiensi Besi (ADB)
July 14, 2017
Kebutuhan Air Putih Bayi MPASI
July 14, 2017
Show all

Gluten Free Flour (GFF) pada MPASI

Gluten adalah suatu protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma yang terdapat dalam gandum, gandum hitam, dan jelai. Gandum mempunyai kandungan gluten tertinggi. Kata dasar gluten berasal dari glu/glue, yang artinya adalam lem. Makanan yang mengandung gluten misalnya: roti, kue, donat, mie, pasta, termasuk kue atau biskuit yang dijual di supermarket, pada dasarnya semua jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Lalu apa yang terjadi kalau kita terlalu banyak mengkonsumsi gluten? Menurut Bpk Wied Harry, seorang konsultan nutrisi yang telah menerbitkan banyak buku kesehatan dan resep makanan sehat, untuk dapat mencerna gluten dengan baik itu dibutuhkan 3 kali siklus metabolisme tubuh. Singkat kata, gluten ini lebih sulit dicerna, terutama untuk anak-anak karena sistem metabolisme mereka belum sempurna.

Jadi ga boleh konsumsi terigu utk mpasi? Sebenernya efeknya tidak akan langsung terlihat kecuali bagi mereka yg punya alergi atau intoleransi gluten. Jika bs dihindari lebih baik, tapi kalau mau tetap dikonsumsi jg boleh saja asal tdk berlebihan. Disesuaikan lg kpd kondisi masing2 bayi dan kebijakan masing2 ibu ya moms 😊

Untuk pengganti terigu bs pakai GFF (gluten free flour) yg bisa dibeli di pasaran (salah satunya merk ladang lima yg saya pakai). Nah tp jk tidak punya, GFF ini bisa dibuat sendiri kok moms.

⏩ Caranya:
🍰Untuk Cake dengan perbandingan 7 : 2 : 1 ( tepung beras : tepung tapioka/aci/kanji : tepung maizena/ tepung jagung )

🍪Untuk Cookies dengan perbandingan 6 : 2 : 1 ( tepung beras : tepung tapioka/aci/kanji : tepung maizena/ tepung jagung )

Bila tidak ada timbangan bisa menakarnya dengan menggunakan gelas, mangkok, bahkan sendok sekalipun, tapi tetap dengan mengikuti perbandingan yg disebutkan diatas.

Cara membuatnya campur semua tepung, aduk sebentar, lalu ayak. Pengayakan bisa diulangi lagi untuk memastikan tepung tercampur rata. Lalu tepung campur ini bisa disimpan dalam wadah yang bersih dan kering atau di bungkus dengan kantong plastik. Selanjutnya bisa digunakan sebagai mana kita menggunakan tepung terigu.

Sumber:
http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id
https://dapurika.wordpress.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *