BLW: Takut tersedak?
July 13, 2017
Persiapan Perlengkapan BLW
July 13, 2017
Show all

Pencernaan Bayi BLW

“Bun, kemarin anak saya makan wortel kok di pup nya masih ada potongan2 wortel gede yaa? 😰 Itu pencernaannya ga knp2?”

“Bayi kok dikasih makanan kayak gtu emang usus nya udah kuat?”

Beberapa pertanyaan serupa seringkali menjadi frequently asked question dan kecemasan bagi para ibu dalam ber-BLW. Apakah memang pencernaan bayi sudah siap?

Iya emang betul kadang-kadang masih suka ada “oleh-oleh” sisa makanan di poop baby. Tapi saya pribadi justru seneng kalau ada oleh-olehnya karena berarti ini indikator kalau sudah ada yang masuk ditelan sama babyQ. Hal ini memperlihatkan bayi belajar mengunyah dan adaptasi dengan makanan padat. Dan ternyata betul, sekarang-sekarang ini kalau saya amati, oleh-oleh di poop nya sudah cenderung berkurang ga terlalu dlm bentuk potongan besar. Ini artinya babyQ sdh belajar mengunyah lebih baik.

 

Kalau menurut buku BLW, makanan bubur/puree itu terlihat ‘seolah-olah sudah tercerna sempurna’ padahal karena input yg dimakan emang udh lembek maka output (pup) nya jadi sprti itu.  Kalau bayi berBLW, ada sistem mekanis dulu, makanan dihancurkan dengan gusi dan menjadi lunak karena bercampur air liur di mulut dan justru hal tersebut lebih memudahkan proses pencernaan. Makanan yang dihaluskan hampir tidak bertemu dengan air liur, bayi menghisap dari sendok langsung ke bagian belakang kerongkongan tanpa dikunyah. Makanan yg dihaluskan dengan blender, terutama buah dan sayur, juga dapat menghancurkan beberapa kandungan gizinya. Kandungan vit C dalam potongan buah apel utuh tentu lebih bnyak dibanding apel yg dilumatkan.

So moms no need to worry anymore, cukup pastikan utk menyajikan makanan yg dapat ditangani oleh bayi sesuai dengan kemampuannya masing-masing

Sumber: Buku Baby Led Weaning by Gill R. & Tracey M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *