Agar Bayi Siap Ber-BLW
July 13, 2017
Pencernaan Bayi BLW
July 13, 2017
Show all

BLW: Takut tersedak?

“Mom, saya mau BLW-an tapi takut tersedak”
“Emang bisa ya bayi makan kayak gtu, apa ga tersedak?”

Seringkali saya mendapat pertanyaan seperti itu, tersedak dalam BLW sepertinya jadi kekhawatiran utama. Nah biar ga galau dengan “tersedak” yuk kita bahas apa itu gagging (kelolodan) dan apa itu choking (tersedak) dari penjelasan di web nya @ceritablw

Setiap manusia diberi kemampuan untuk melindungi tubuh dari benda asing yang membahayakan dirinya. Begitu pula dengan bayi, mereka memiliki kemampuan merespon benda asing yang masuk ke mulutnya untuk melindungi tubuh dari benda yang dirasa membahayakan.

Gagging adalah respon fisiologi dengan cara memuntahkan benda asing untuk melindungi tubuh. Gagging pada bayi biasanya terjadi saat merasakan jenis makanan baru karena mereka belum bisa mengukur besar makanan yang mampu ditelan. Jadi jangan heran kalo bayi batuk dan muntah (gagging) di awal BLW-an, mereka masih belajar makan.

Jika bayi masih bisa mengeluarkan suara, batuk, dan muntah, berarti bayi mengalami gagging bukan tersedak. Pada saat bayi gagging, ibu atau pendamping harus tetap tenang, biarkan bayi terbatuk dan memuntahkan makanannya. Panik hanya akan memperburuk keadaan.

Beri kepercayaan pada bayi dalam menangani makanan termasuk gagging. Gagging merupakan bagian dari proses bayi belajar makan. Semakin pintar bayi makan, resiko gagging akan semakin kecil.

Tersedak (choking) merupakan suatu keadaan masuknya benda asing (makanan, mainan, dll) ke dalam jalan napas atas sehingga menimbulkan gawat napas. Tersedak pada bayi ditandai dengan wajah pucat, tidak dapat bernafas, dan tidak mampu mengeluarkan suara. Agar terhindar dari tersedak, lakukan BLW sesuai aturan dan selalu dampingi bayi saat makan.
Setiap bayi kemampuannya beda-beda mom, ada yg setiap makan selalu gagging, ada yg gagging sampai muntah, ada yg jarang gagging. Alhamdulillah, BabyQ termasuk jarang gagging. Kuncinya BLW-an keep calm and trust your baby!

 

Ketika bayi makan, jangan dipelototin dengan pandangan takut dan was-was terus ya mom, bayi juga bisa grogi loh. ketika mom tidak memberi kepercayaan pada bayi, bayi juga akan kurang PD dalam belajar BLW-an. So let’s practice a safe and happy BLW!

 

(Sumber: http://ceritablw.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *