Persiapan MPASI
July 13, 2017
Agar Bayi Siap Ber-BLW
July 13, 2017
Show all

Apa Itu Baby-Led Weaning (BLW)

“Weaning” atau jika diartikan menyapih bukan berarti berhenti menyusui. Istilah weaning disini berarti mulai untuk memperkenalkan makanan padat. “Baby Led” berarti bahwa bayi memimpin proses makannya. Itu berarti bukan kita yang menaruh makanan di mulut bayi dengan sendok. Bayi diperkenalkan langsung dengan makanan padat. BLW tidak lebih baik atau lebih buruk daripada MPASI spoon feeding (SF). Beberapa orang lebih suka BLW, yang lain lebih suka SF.

BLW berarti bayi memilih apa dan berapa banyak dia makan. Kita menempatkan berbagai pilihan di depannya, dan ia memilih apa yang harus dimakan dan berapa banyak. Jika dia tidak menyentuh apapun dari brokoli misalnya, kita tidak perlu memasukkan brokoli dalam mulutnya. Kita dapat mencoba brokoli lagi lain hari.

Pada beberapa hari, bayi akan makan banyak. hari-hari lain, dia mungkin tidak makan sama sekali. Ini hanya seperti kita orang dewasa: beberapa hari,kita hanya tidak merasa lapar. Hari-hari lain, kita tidak bisa berhenti makan haha.

Bayi akan melalui begitu banyak perubahan, secara fisik dan perkembangan. Dan mungkin jika ada banyak pertumbuhan fisik terjadi, dia sangat lapar. Pada hari-hari ketika dia berusaha untuk menguasai sesuatu (seperti merangkak, misalnya), ia mungkin cemas atau terganggu dan tidak akan makan sama sekali. Hal ini adalah wajar dan tidak perlu dicemaskan. Selama bayi tampak sehat dan bahagia, bayi baik-baik saja.

Banyak orang khawatir bahwa bayi mereka tidak makan cukup, sehingga mereka tetap memberi bubur/purée setelah makan. Itu boleh-boleh saja tetapi sebenarnya tidak perlu. Sampai usia 1 tahun, bayi masih membutuhkan ASI atau susu formula untuk sebagian besar nutrisi mereka. Makanan sebagian besar untuk perkenalan dan eksplorasi.
(Sumber: http://blwideas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *