Apa Itu Baby-Led Weaning (BLW)
July 13, 2017
BLW: Takut tersedak?
July 13, 2017
Show all

Agar Bayi Siap Ber-BLW

Ini adalah persiapan sebelum memulai BLW versi Bunda yg telah dilakukan sejak BabyQ berumur 4-5 bulan.

  • Banyak orang yang sering melarang anaknya memasukkan tangan ke mulut padahal ini adalah sarana belajar yg sangat baik bagi bayi untuk mengarahkan tangan ke mulut dgn tepat. Bunda selama ini membiarkan BabyQ sesukanya bermain dan memasukkan tangannya ke dalam mulut. Cukup pastikan tangannya tidak kotor.
  • Bunda memberikan waktu independent play yang cukup bagi BabyQ agar dia bisa mengeksplor lingkungan, meraih benda-benda di sekitarnya dan memasukkan ke mulutnya. Hal ini bisa melatih koordinasi tangan, mata, dan mulutnya. Pastikan saja benda yang ia raih aman, bersih, tidak berbahaya.
  • salah satu syarat BLW adalah bayi sudah bisa duduk tegak dengan atau tanpa bantuan untuk menghindari resiko tersedak. Maka dari umur 4 bulan BabyQ sering distimulasi duduk agar otot leher dan pungung cukup kuat.
  • Setiap jadwal makan keluarga, Bunda biasanya mengajak BabyQ turut serta di meja makan. Bunda memangku BabyQ menghadap meja atau menaruhnya di stroller/bouncer di ruang makan. Walaupun blm bisa ikut makan, biarkan ia terbiasa melihat aktifitas makan keluarga
  • Bunda sudah sering sounding ke BabyQ bahwa di umur 6 bln ia akan mulai makan makanan enak, nanti makan yg pintar dan lahap yaa biar sehat selalu 😊 dan setiap kali bunda makan di hadapan BabyQ, tunjukkan ekspresi enaak dgn sedikit lebay dan senyuman hhe agar BabyQ tau bahwa makan adalah kegiatan yg menyenangkan.

Ala bisa karena terbiasa.. semua butuh proses belajar, and I believe that babies are smart and fast learners. So let’s just trust our babies moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *